Pentingnya UMKM GO Digital

Fakta bahwa UKM harus berjuang untuk secara bertahap bergerak ke arah digital mempengaruhi banyak hal. Karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut adaptasi dan aktualitas yang segera dari berbagai sektor. 

Dengan digitalisasi, segalanya menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, juga sangat sesuai dan ideal untuk pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya, teman-teman umkm tetap bisa berinteraksi dengan pembeli tanpa kontak fisik.  

Padahal, kualitas UKM Indonesia sangat bagus. Namun, sistem pasar umumnya membatasi perusahaan UMKM tersebut. Kebanyakan UKM tidak tahu apa-apa tentang pemasaran melalui sistem online atau digital

Pentingnya UKM Indonesia, Harus Go Digital

Banyak keuntungan dan keuntungan yang diraih baik bagi penjual maupun pembeli. Simak ulasannya di bawah ini.  

Akses ke pasar yang lebih luas

Pelaku umkm yang seringkali terbatas dalam hal pendistribusian produk, dapat bertransisi menggunakan sistem digital. Proses digitalisasi memungkinkan Anda menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan begitu, pendistribusian produk menjadi lebih mudah tanpa terhalang oleh jarak dan waktu. 

Pelaku umkm tinggal follow dia di social media atau website. Kemudian bereaksi aktif terhadap berbagai pertanyaan dan keinginan pembeli.

Tentunya jika sobat Lakuuu masih menggunakan sistem tradisional, target pasarnya persis seperti itu, sehingga peluang perusahaan untuk melakukan ekspansi akan sedikit sulit.  

Terlepas dari waktu dan tempat

Bahkan saat teman-teman Lakuuu tertidur, transaksi jual beli tetap berjalan melalui sistem digital ini. Jadi, teman-teman, perusahaan yang Anda kendalikan juga tidak memiliki waktu tutup. Pembeli bebas membeli produk yang mereka inginkan, kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. 

Penting juga dalam digitalisasi UMKM bahwa penjual tidak terikat oleh waktu atau tempat. Jika Anda memiliki pekerjaan lain yang harus dilakukan, Anda tetap dapat melakukannya tanpa mengganggu toko online yang sedang berjalan.

Namun, teman-teman Lakuu harus selalu bereaksi terhadap pembeli. Pembeli juga tidak menyukai penjual yang lambat merespon. 

Anggaran belanja lebih kecil

Digitalisasi ini penting bagi UKM karena lebih menghemat anggaran belanja sobat Lakuuu. Biasanya, pemasaran tradisional melibatkan penyewaan toko, pemasaran dengan brosur, dll. 

Biaya yang dibutuhkan tentu saja lebih tinggi dibandingkan menjalankan toko online. Anda tinggal mengunggah gambar dan deskripsi produk melalui website atau marketplace.

Setelah itu, pembeli melihat produk tersebut dan terkagum-kagum. Jika sobat umkm belum memiliki website, jangan khawatir. Lakuuu Indonesia menyediakan platform pembuatan website yang mudah digunakan untuk memasarkan produk umkm.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan banyak penawaran menarik. Selain itu, teman-teman umkm bisa mengekspresikan diri sekreatif mungkin. Melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube. Sahabat Lakuuu bisa memasarkan produk yang khasiatnya nampak menarik.  

Aspek UMKM terlihat lebih profesional

Pentingnya UKM digital juga mempengaruhi persepsi dan citra UKM. Melalui digital marketing di website dan media sosial. Produk dan UKM tersebut lebih dikenal masyarakat luas.  

Penjualan berkembang pesat

Tentu saja, pemasaran digital juga meningkatkan pendapatan dan penjualan. Hal ini dikarenakan pembeli yang Anda temui berasal dari berbagai daerah dan tidak memperdulikan usia.  

Chat Whatsapp Chat Whatsapp